Petualangan backpacking pemula di Pulau Santa Rosa
TRAVEL

Suara meresahkan terdengar di atas deburan ombak ke pantai yang liar dan sepi di Pulau Santa Rosa, bagian dari Taman Nasional Kepulauan Channel, tempat saya dan mitra saya Emanuel tidur setelah perjalanan 10 mil yang sulit.

Aku tersentak bangun. Sekali lagi — suara marah, seperti ember logam berkarat yang menggesek batu. Itu tampak lebih dekat.

Emanuel mengindahkan dorongan saya dan menyelidiki.

Ketika dia menjulurkan kepalanya yang dihiasi lampu depan ke dalam tenda, dia menyampaikan berita: “Saya pikir kita punya masalah.

“Ada anjing laut seberat 2.000 pon di luar tenda kami.”

Itu dia — benjolan besar yang nyaris tidak terlihat dalam kegelapan. Penjaga hutan yang menyambut kami sebelumnya hari itu tidak memperingatkan kami tentang kemungkinan pertemuan terjepit.

Dua anjing laut gajah, satu besar dan satu kecil, berbaring di atas pasir

Anjing laut gajah bersantai di pantai tenggara Pulau Santa Rosa.

(Lila Seidman / Los Angeles Times)

Tidak hanya malam pertama kami di pulau itu, ini juga pertama kalinya saya backpacking. Saya tidak pernah membawa semua yang saya butuhkan untuk menopang saya di pundak saya, apalagi selama lima hari. Dan aku tidak pernah mempertimbangkan apa yang harus dilakukan jika terjadi invasi anjing laut.

Berlian kasar

Santa Rosa adalah salah satu pulau yang jarang dikunjungi yang merupakan salah satu taman nasional yang paling jarang dikunjungi. Ini menarik jenis petualang tertentu, menurut Brittney Hamm dari pemegang konsesi Island Packers, yang menawarkan perjalanan ke Santa Rosa beberapa kali seminggu.

“Ini benar-benar tempat yang indah, tetapi dibutuhkan sedikit lebih banyak usaha dan penelitian untuk pergi ke sana. Sangat mudah untuk menjadi tidak siap,” katanya dalam perjalanan perahu Senin pagi kami di bulan Agustus.

Pada hari yang hangat dan cerah, Santa Rosa dapat menikmati liburan tropis yang sempurna dengan kartu pos dengan pantai berpasir putih dan air pirus yang berkilauan. Tapi itu bisa lebih keras daripada yang digambarkan oleh foto online. Angin kencang bertiup sepanjang tahun. Serangan kabut tebal dan suhu dingin membangkitkan kondisi yang mirip dengan Central Coast.

VIDEO | 00:15

Pemandangan pagi dengan minuman

Menikmati pemandangan pantai dengan minuman di tangan di Santa Rosa.

Mereka yang mencari “Rosa” tertarik pada pengasingan dan mandiri, dengan banyak pengalaman backpacking, kata Hamm.

Saya tidak mencentang satu pun kotak.

Tetapi Emanuel, yang terputus dari bar kota, restoran, dan bioskop selama pandemi, melihat minatnya pada alam terbuka meningkat.

Saat dia berjalan lebih jauh dan lebih keras, pengalaman saya bertambah karena pergaulan. Kami mengemas lebih banyak California ke tahun 2020 daripada yang pernah saya lihat sepanjang hidup saya — dan saya adalah penduduk asli Angeleno. Ini membantu bahwa dia berinvestasi dalam apa yang bisa menjadi peralatan mahal.

Namun, kesenjangan dalam kemampuan kami tumbuh. Kami menghabiskan lebih sedikit waktu bersama saat dia mengejar puncak yang tidak ramah dan saya berpegang teguh pada tanah yang lebih datar. Ketika dia membicarakan kemungkinan backpacking di Santa Rosa, saya menjawab ya meskipun saya tidak yakin itu dalam ruang kemudi pemula saya. “Itu mungkin akan membunuhku,” pikirku, “tapi itu akan memberi kita waktu yang berkualitas.”

Sudah waktunya untuk memesannya — dan mulai pelatihan. Flash-maju beberapa minggu. Saya telah meningkatkan rejimen latihan saya melalui trail run dan latihan kekuatan jadi sudah waktunya untuk tes kenaikan. Untuk mensimulasikan pengalaman backpacking, kami memulai pendakian lokal sejauh 12 mil — kira-kira satu jalur terpanjang yang kami rencanakan untuk pulau itu — dan saya mengisi ransel saya dengan 20 pon air kemasan.

Saat saya memaksakan satu kaki di depan yang lain, Emanuel menoleh ke saya dengan seringai dan bercerita tentang pepatah di antara para pendaki gunung: “Tidak harus menyenangkan untuk menjadi menyenangkan.” Bersandar pada aksioma, aku mengutuk dan meringis sampai akhir.

Di sisi liar

Garis pantai tak berpenghuni di bawah awan

Sebuah pantai di sepanjang ujung tenggara pulau, tempat berkemah di pedalaman diizinkan selama beberapa tahun.

(Lila Seidman / Los Angeles Times)

Langit kelabu dan berkabut melayang saat lusinan penumpang naik ke kapal di Pelabuhan Ventura. Masker diperlukan, dan seorang anggota kru mengatakan mereka meninggalkan “ruang gerak” dengan tidak memesan kapal sesuai kapasitas. Saat perahu melaju di laut berombak, lumba-lumba melompat dengan anggun di sampingnya.

Kami mendarat di pulau di Teluk Bechers kira-kira tiga jam setelah keberangkatan kami pukul 8 pagi. (Perjalanan termasuk pitstop untuk menurunkan mereka yang menuju Pulau Santa Cruz, pulau terbesar di taman dan lebih sering dikunjungi.)

Perjalanan sehari ke Santa Rosa dimungkinkan tetapi terbatas hanya beberapa jam. Dari sekitar 25 orang dalam perjalanan kami, hanya dua yang mengatakan bahwa mereka akan kembali pada hari itu juga. Sebagian besar tinggal di salah satu dari 15 tempat perkemahan di Perkemahan Water Canyon, yang menawarkan tempat penampungan air dan angin yang dapat diminum.

Tapi kami menagih lebih jauh — jauh lebih jauh — dari perkemahan 1 mil dari dermaga.

Selama perjalanan sekitar 5½ jam naik turun bukit pulau, kami berhenti untuk mengisi beberapa botol dan kantong dengan air di Clapp Spring, salah satu dari hanya dua sumber terpercaya di pulau itu.

VIDEO | 00:17

Penampakan anjing laut Santa Rosa

Anjing laut gajah di Pulau Santa Rosa.

Peralatan pertanian yang terlantar, bagian dari peternakan di pulau itu, muncul secara berkala saat kami terus melaju, tidak sesuai dengan kekosongan. Saya menemukan tanduk binatang di tengah rerumputan dan kemudian mengetahui bahwa rusa dan rusa telah dibawa ke pulau itu sebagai hewan buruan, dengan perburuan komersial yang terjadi hingga tahun 2011 ketika sisa hewan disingkirkan.

Kami menyusuri semak belukar menuruni ngarai yang curam dan mendarat di pantai di sebelah timur Ford Point, tempat kami tidur setelah makan malam dengan sosis yang dipanggang di atas kompor perkemahan (kebakaran tidak diizinkan di pulau itu). Artinya, sampai anjing laut gajah tiba.

Setelah membangunkan kami dari tenda kami, kami bergegas menaiki bukit pasir, tidak yakin apa yang harus dilakukan. Lelah, tetapi tidak ingin mengambil risiko konfrontasi, kami memindahkan seluruh kamp kami lebih jauh.

Keesokan paginya kami mengamati daerah itu dan melihat bukan hanya satu tapi dua anjing laut gajah. Seekor jantan bertubuh besar dengan belalai tanda ditemani oleh seekor betina yang jauh lebih kecil. Kami adalah pengunjung di dunia mereka, dunia di mana manusia tidak menguasai pasir, dan terus maju.

Tidak ada yang sedramatis terjadi selama empat hari berikutnya, meskipun kami menikmati pemandangan dan pengalaman yang menakjubkan. Suatu hari kami mendaki ke mercusuar yang belum sempurna di South Point dan bisa melihat singa laut bermain-main di rumput laut ratusan kaki di bawah.

VIDEO | 00:08

Air jernih di Santa Rosa

Air jernih di Pulau Santa Rosa.

Kami tidak bertemu siapa pun di pedalaman setelah hari kedua, ketika kami berpapasan dengan dua saudara lelaki yang kami temui di kapal.

Trek selama berjam-jam menciptakan bentangan waktu yang luas untuk pemikiran yang mendalam dan picik. Kami sering masuk ke kantong tidur kami sebelum jam 9 malam. Dan menjelang malam, saya berharap untuk menulis catatan tentang hari saya, meskipun saya tidak memiliki kesabaran untuk membuat jurnal selama bertahun-tahun. Kami mandi telanjang di air yang dingin, mandi yang menyegarkan setelah berhari-hari berkeringat dengan pakaian yang sama. Aku berhenti memeriksa ponselku.

Alam ikut campur ketika terasa seperti itu. Meskipun saya mengolesi diri saya dengan tabir surya, saya dengan tidak bijaksana membuang sunshirt saya pada hari kedua, dan daging yang terbuka di bahu dan dada saya menjadi merah tua. Pada hari ketiga kami berharap dapat melihat pemandangan 360 derajat dari Puncak Soledad, titik tertinggi di pulau itu, tetapi kabut menyelimuti kami begitu rapat sehingga kami tidak dapat melihat lebih dari beberapa kaki.

Seorang pemuda duduk di puncak bukit yang dikelilingi oleh peralatan hiking dan berkemah.

Emanuel duduk di puncak bukit yang dikelilingi oleh peralatan hiking dan berkemah.

Kembali ke peradaban

Untuk menghindari lari menit terakhir melintasi pulau untuk keberangkatan Jumat kami, kami menghabiskan malam keempat dan terakhir kami di Water Canyon Campground.

Di perkemahan kami, seekor rubah pulau berwarna coklat kemerahan — spesies endemik lainnya — mencoba mencuri kompor kami. Itu adalah keajaiban kecil untuk mengambil kontak saya menggunakan air mengalir di kamar mandi yang sangat bersih setelah menggunakan mata air yang disaring dan kamera telepon untuk cermin.

Seekor rubah kecil duduk di sikat kering

Seekor rubah pulau menemani kami dalam pendakian kami keluar dari Perkemahan Water Canyon.

(Emanuel Rohss)

Konfirmasi lebih lanjut bahwa kami telah kembali ke peradaban: manusia. Rekan kemping Donna Sullivan menegaskan reputasi pulau itu sebagai keindahan kasar dengan daya tarik misterius. Ketika dia mengunjungi sekitar lima tahun sebelumnya dengan saudara perempuannya, mereka diledakkan oleh angin kencang.

“Meskipun pulau itu indah, itu adalah pengalaman berkemah terburuk,” katanya. Namun, beberapa hari terasa menyenangkan dan dia kembali, kali ini bersama suaminya, Chuck.

Saat berada di pantai timur laut, kami menemukan apa yang saya sebut sebagai “tempat wisata”. Kami akhirnya mengenakan peralatan snorkeling yang telah kami bawa bermil-mil dan terjun ke perairan sebening kristal di pantai yang sepi. Saya melihat kepiting oranye besar dan ikan melesat kesana kemari. Kehidupan laut tidak sehebat yang pernah saya lihat di Santa Cruz atau Catalina, tapi itu menyenangkan.

VIDEO | 00:05

Snorkeling dengan kepiting di Pulau Santa Rosa

Snorkeling dengan kepiting di Pulau Santa Rosa.

Angin semakin kencang dan air menjadi lebih bergejolak, mendorong saya untuk bergegas kembali ke pantai. Tapi Emanuel — yang tumbuh mencari makan di laut lepas Swedia barat — berenang lebih jauh dan memetik kerang biru dari dinding batu, yang kami rebus dengan minyak zaitun dan bawang putih. Kami juga berjalan kaki ke hutan besar pinus Torrey yang kami lihat dari perahu untuk melihat pohon langka dari dekat.

Hari kelima dan terakhir kami berjalan kaki ke Lobo Canyon, meskipun perjalanan kami menambah 12 mil. Itu adalah langkah yang sepadan dengan tekanan ekstra. Setelah mendaki bukit yang lebih kering, kami turun ke ngarai yang rimbun dengan sungai kecil.

Formasi batu pasir besar menjulang, panorama yang akan lebih betah di Arizona atau Utah. Jalan buntu di pantai kecil yang dipenuhi cangkang kerang abalon yang berkilauan, sekarang menjadi pemandangan langka di pantai California karena penangkapan ikan yang berlebihan selama beberapa dekade. Tidak ada satu jiwa pun yang terlihat.

VIDEO | 00:06

Kerang biru dipetik dari dinding batu di Santa Rosa

Kerang biru dipetik dari dinding batu di Santa Rosa.

Kepribadian Santa Rosa yang sukar dipahami dan multifaset ditampilkan sepenuhnya. Masih banyak yang bisa dilihat bahkan setelah mendaki sekitar 45 mil dan mendirikan tenda di empat tempat. Dan beberapa di antaranya tidak akan pernah kita lihat karena area tertentu ditutup sepanjang tahun untuk melindungi satwa liar.

Dalam perjalanan pulang dengan perahu, kami menikmati bir perayaan yang diseduh dengan tepat di Island Brewing Co. di Carpinteria. Sekitar setengah jalan kembali ke Ventura, internet saya mulai bekerja dan saya memposting foto di Twitter.

Sekelompok paus bungkuk muncul, satu secara dramatis menabrak ombak dengan ekornya tinggi di udara, dan semua orang — termasuk saya sendiri — mengeluarkan ponsel untuk merekam keagungan mereka. Kehidupan lama kami bergegas kembali dan kami bahkan belum pulang. Aku melihat ke belakang saat pulau itu semakin kecil di kejauhan.

Jika kau pergi

Island Packers menawarkan perjalanan dari Pelabuhan Ventura ke Teluk Bechers di Pulau Santa Rosa beberapa kali seminggu hingga November. Tarif dewasa pulang pergi adalah $85, atau $120 untuk mereka yang berkemah.

Taman Nasional Kepulauan Channel, yang meliputi Santa Rosa dan empat pulau lainnya, memiliki pusat pengunjung daratan utama di 1901 Spinnaker Drive di Ventura.

Pengunjung dapat berkemah di beberapa pantai pulau ini dari pertengahan Agustus hingga pertengahan Desember. Untuk detail tentang pantai mana yang buka, kunjungi situs web National Park Service. Reservasi dapat dilakukan di Recreation.gov.

Reservasi untuk Perkemahan Water Canyon juga dapat dilakukan di Recreation.gov. $15 per malam per situs, yang dapat menampung lima orang.

Pastikan tanggal reservasi perahu dan berkemah Anda selaras. Periksa kedua jadwal sebelum memesan.